Assalamualaikum wrwb ,

Status.

Perkenalkan, nama saya Neneng Heni Mardaleni seorang pensiunan guru di SMA N 48 Jakarta Timur. Saya anak ke-empat dari enam bersaudara, terlahir tanggal delapan Maret 1960. Saya satu-satuynya di keluarga yang menjadi guru. Keluarga saya memiliki empat anak, tiga perempuan dan satu laki-laki.

 

Setelah saya lulus dari IKIP Jakarta jurusan Biologi, Saya mengabdi di SMA Negeri 48 mulai tanggal 17 Juli 1983 sampai dengan 31 maret 2020 dan berakhir  tanggal 1 April 2020, saya resmi menyandang status pensiunan setelah selama 37 tahun tercatat sebagai tenaga pengajar.

Saya merasa luar biasa karena mampu menjalani ngajar selama 37 tahun di satu sekolah dengan jarak tempuh dari rumah sampai ke sekolah itu kurang lebih 20 km. Luar biasanya karena saat awal di tahun 1988, keluar dari rumah itu perjuangan banget, belum ada kendaraan angkot, hanya ada “Andong” yang mangkal di Pasar dan terminal bayangan Perempatan AURI jalan Raya Bogor Km 30. Dari Raya Bogor baru naik bis yang jurusan Bogor Cililitan atau Depok Cililitan, jika jam berangkat kerja dan pulang kerja itu penumpangnya lumayan padat dan umpel-umpelan. Itupun tidak langsung sampai di sekolah karena harus nyambung dengan angkot dari perapatan Hek menuju sekolah.

Alhamdulillah Tahun 1984 lolos jadi CPN, dengan gaji pokok dua puluh tujuh ribu dua ratus delapan puluh rupiah , di tahun 1986 resmi jadi PNS dengan gaji pokok delapan puluh delapan ribu lima ratus rupiah. selama empat tahun bertahan menjadi kontraktor  di sekitar sekolah supaya tidak harus naik angkot ke sekolah, pertimbangannya irit ongkos.

 


Alternatif kegiatan paska pensiun

Tahun 2014 saya mulai berpikir untuk mempersiapkan diri dimasa pensiun jangan sampai ketika pensiun saya mengalami sindrom”kerja” karena terbiasa bekerja kemudian tidak ada kegiatan maka seluruh organ tubuh akan menjadi “loyo” termasuk otak. Karena itu saya mencoba menjalankan bisnis secara online dengan bergabung di Bisnis MLM Oriflame.  Karena bisnisnya online maka Media Sosial adalah TOKO yang harus memiliki informasi tentang produk  yang kita jual dengan untaian kata-kata yang sekarang dikenal dengan Copy Writing. Karena saya tidak punya pengalaman maka saya mencoba mencari ruang untuk belajar secara online tentang menulis.

Training pertama saya adalah masuk Sekolah Perempuan dengan Founder teh Indari Mastuti, tapi sayang bukunya tidak tuntas saya tulis. Dari kegiatan ini kemudian saya berkenalan dengan Ummi Aleeya yang menuntun saya terus belajar menulis di Joeragan Artikel. Banyak ilmu yang di dapat dari hasil training JA tetapi banyak juga yang tidak saya praktikan dengan alasan klise tidak bisa bagi waktu.

Alhamdulillah sampai hari ini saya baru bisa ikut berpartisipasi dalam menulis secara bersama-sama dalam bentuk Antologi. Sudah ada tiga buku Antologi saya atas dorongan dari Ummi Aleeya. Sekarang saya  akan mencoba belajar konsisten menulis di Blog, untuk berbagi cerita dan menyimpan semua kenangan yang pernah saya alami dalam bentuk tulisan.